Cara Setor Tunai BNI dan Masalah Yang Biasa Terjadi

setor tunai bni

Sekarang ini apabila anda ingin menabung ke bank, anda tidak harus selalu datang ke kantor bank pagi-pagi sekali, belum lagi antrian teller yang lama. Anda bisa menabung ke bank cukup dengan melakukan setor tunai di atm yang sudah mendukung fitur setor tunai.

BNI sendiri adalah salah satu Bank di Indonesia yang sudah memiliki mesin atm setor tunai. Dengan adanya atm setoran tunai ini nasabah tidak harus datang ke kantor cabang untuk sekedar mengisi tabungan, anda bisa langsung menabung melalui atm kapanpun juga, termasuk malam hari.

Namun, ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan ketika hendak melakukan setor tunai di atm BNI terdekat, mari kita langsung bahas saja.

Persiapan sebelum setor tunai BNI

Sebelum kita melakukan setor tunai melalui atm BNI, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, diantaranya:

  • Pecahan uang minimal 50.000

Pecahan uang yang dapat anda setorkan melalui mesin atm bni adalah 50.000 dan 100.000. Jadi apabila anda memasukan pecahan 20.000 apalagi 1.000 kemungkinan besar uang tersebut akan otomatis tertolak oleh mesin atm nya ya.

  • Rapikan uang sebelum dimasukan ke mesin atm

Agar semua uang yang akan anda setoran berhasil masuk semua, anda harus merapikan uang anda terlebih dahulu, karena ada sedikit lipatan saja pada uang anda, kemungkinan besar akan tertolak oleh mesin atm.

  • Periksa dan hitung uang anda

Meskipun mesin atm bni dapat menghitung uang anda secara otomatis, tidak ada salahnya kan kita menghitung uang yang akan kita setorkan ke atm bni, biar tidak ada salah paham dengan mesin atm. wkwk!. Selain itu anda juga harus memeriksa kembali uang anda, jangan sampai ada uang 2rb an ikut masuk ke dalam mesin atm nya.

Selalu di ingat, jumlah uang yang bisa anda setor tunai melalui atm bni adalah sebanyak 99 lembar ya dalam 1x transaksi

Cara setor tunai di atm BNI

Setelah semua persiapan diatas sudah anda lakukan, selanjutnya mari kita langsung ke langkah setor tunai BNI di atm.

  • Masukan kartu debit bni anda ke mesin ATM
  • Pilih bahasa Indonesia
  • Masukin PIN atm anda
  • Pilih menu Setoran Tunai
  • Selanjutnya anda akan melihat informasi seperti uang harus rapi, pecahan harus 50rb atau 100rb, langsung anda tekan Lanjutkan.
  • Pilih Rekening Tabungan
  • Selanjutnya mesin atm akan terbuka, silahkan masukan uang yang ingin anda setorkan
  • Setelah itu kembali ke layar atm, lalu klik Lanjutkan
  • Selanjutnya mesin atm akan menutup kembali dan mulai menghitung uang anda, tunggu hingga proses selesai
  • Apabila anda mendapat pesan “Transaksi Anda Dibatalkan”, anda jangan panik dahulu, biasanya ada uang anda yang kurang rapi/terlipat.
  • Ambil dahulu uang anda, lalu rapikan kembali
  • Lihat kembali ke mesin atm bni anda, akan terlihat jumlah uang yang berhasil masuk ke mesin atm, langsung anda pilih SETOR.
  • Tunggu lagi beberapa saat sampai anda mendapatkan pesan “Setoran Anda Telah Diterima”.
  • Uang yang gagal disetorkan tadi bisa anda ulangi lagi langkah setor tunai diatas.
  • Jangan lupa untuk mengambil struk transaksi setor tunai anda, karena apabila terjadi error bisa anda jadikan bukti ke pihak BNI.

Mudah bukan cara setor tunai di atm BNI? Apabila anda takut ada kesalahan, jangan takut atau malu bertanya ke satpam yang sedang berjaga di kantor bni. Atau anda bisa mengajak teman atau saudara yang sudah berpengalaman untuk melakukan transaksi setor tunai bni.

Setor Tunai di ATM BNI Saldo Tidak Masuk

gagal setor tunai bni

Berawal saldo bank tidak cukup untuk transfer, jadi kakak saya pergi ke atm bni untuk melakukan transaksi setor tunai, dengan maksud agar saldo tabungan bisa digunakan di hari itu juga.

Namun ketika cek saldo rekening bni melalui internet banking di rumah, rupanya saldo tabungan tidak bertambah sepeserpun, padahal kakak saya yakin uang sudah dimasukan dan sudah tidak ada di mesin atm nya. Ditambah lagi struk transaksi nya malah dibuang di tong sampah yang ada di samping mesin atm bni nya.

Karena panik, kakak saya coba balik ke atm bni tadi dan mencari struk transaksi setor tunai yang dibuangnya tadi. Untungnya struk tersebut berhasil ditemukan, dan setelah dilihat pesan yang ada pada struk atm tersebut rupanya transaksi tersebut gagal. Yang jadi pertanyaan, kalau memang gagal kenapa uangnya sudah ditelan mesin atm semuanya?

Di hari itu kebetulan jam sudah menunjukan pukul 14.50 an, dan sudah tidak bisa mengambil antrian lagi untuk menemui customer service BNI, jadi pihak BNI menyarankan untuk menghubungi call center BNI di nomor 0854565 untuk melaporkan gangguan yang terjadi ketika melakukan setor tunai.

Setelah beberapa menit menghubungi pihak BNI di nomor 1500046, mereka mengatakan uang yang gagal ketika setor tunai di atm bni tersebut baru akan kembali ke rekening nasabah kurang lebih 14 hari kerja, jadi sabtu minggu tidak termasuk ya.

Dengan kejadian ini jelas sungguh mengecewakan, karena uang tersebut memang punya orang lain yang ingin nitip buat transfer, tapi mau gimana lagi nasi sudah menjadi bubur. Jadi kita tunggu saja sampai 14 hari apakah benar saldo akan masuk ke rekening.

Pihak BNI juga memberikan nomor pengaduan apabila sampai tenggang waktu 14 hari kerja saldo masih juga tidak bertambah anda bisa mengunjungi kantor BNI lagi. Sungguh sangat merepotkan, wkwk!

Maksimal Setor Tunai BNI

Mungkin ada yang penasaran, berapa sih maksimal kita bisa melakukan setor tunai di atm BNI? 

Dari informasi yang saya baca, dalam sehari nasabah bisa melakukan setor tunai hingga 50 jt, namun dalam sekali transaksi hanya bisa 99 lembar, baik itu pecahan 50rb maupun 100rb an, atau penggabungan dari 50rb dan 100rb, sama saja.

Hal Yang Perlu Disiapkan Apabila Transaksi Gagal

Dalam setiap melakukan transaksi apapun, tidak semuanya berjalan mulus. termasuk ketika melakukan setor tunai BNI. Jadi ada beberapa hal yang perlu anda siapkan, diantaranya:

Struk Transaksi

Ini adalah barang yang penting apabila anda mengalami kendala dalam transaksi setor tunai bni. Karena di dalam struk ini ada informasi penting yang nantinya akan anda butuhkan, seperti:

  • Tanggal dan waktu transaksi
  • Detail setoran tunai
  • Jumlah setoran
  • CRM ID

Data Pribadi

Ketika anda membuat laporan keluhan ke pihak BNI, baik itu datang langsung ke kantor cabang maupun melalui sambungan telepon. Anda akan diminta informasi data pribadi anda, jadi pastikan pemilik rekening BNI langsung yang berhubungan dengan CS BNI.

Nomor Rekening BNI / Nomor ATM

Selain data diri, biasanya juga anda akan diminta informasi nomor rekening anda maupun nomor atm anda. Jadi ketika ingin menghubungi customer service BNI pastikan anda siapkan data-data yang saya sebutkan diatas.

Pulsa Minimal 25rb

Ini juga tidak kalah penting, karena terkadang komunikasi berjalan lambat, jadi pastikan pulsa anda cukup ya. Karena pengalaman kakak saya ketika menghubungi cs bni via telepon menghabiskan pulsa lebih dari 10rb, namun untuk berjaga-jaga pulsa anda harus ada 25rb.

Setor tunai BNI tanpa ATM

Sayangnya untuk sekarang ini nasabah yang ingin melakukan setor tunai melalui atm tetap harus menggunakan atm nasabah langsung. Jadi belum bisa kalau setor tunai tanpa kartu atm ya.

Selain itu setor tunai BNI hanya bisa ke rekening sendiri, belum bisa setor tunai ke rekening orang lain.

Penutup

Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya bagikan kepada rekan-rekan nasabah BNI semuanya. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat ya! Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon koreksi nya di kolom komentar ya.

Pin Adsense Tidak Kunjung Datang? Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satu bisnis online yang bisa menjadi tempang anda mencari tambahan penghasilan di internet adalah dengan bermain adsense. Adsense adalah salah satu produk dari...
yanris
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!