Review Tenda F3 Setelah 2 Tahun Pemakaian

review tenda f3

Dari beberapa router wifi yang sudah saya coba sebelumnya, router tenda F3 ini menjadi salah satu yang terbaik. Tak terasa juga sudah 2 tahun lamanya saya menggunakan tenda F3 ini untuk berbagi koneksi internet, baik untuk pribadi maupun juga di share ke tetangga.

Sebelum menggunakan router tenda, sebelumnya saya selalu menggunakan router tp link, baik untuk indoor maupun outdoor. Namun, karena harga nya yang lumayan mahal apabila dibandingkan dengan router wifi merk lainnya, jadi saya coba pindah ke tenda, beberapa yang sudah saya beli adalah tenda O3, tenda f3, dan tenda f9. Semuanya sudah saya pake lebih dari 2 tahun, dan masih berfungsi dengan baik sampai artikel ini saya buat.

Yang paling saya suka dari tenda F3 ini adalah penyebaran wifi-nya yang luas dan juga stabil, padahal saya menggunakan tenda F3 ini hampir 24 jam jam sehari, paling ya kalau listrik mati saja baru tenda F3 ini istirahat. Mungkin anda bertanya, panas dong router nya? Nah, ini nih yang keren, meskipun digunakan dalam waktu yang lama, tenda f3 ini benar-benar adem.

Saya juga memiliki tenda f9 di rumah, meskipun memiliki 4 antena, namun masih kalah dibandingkan tenda f3 yang hanya dibekali 3 buah antena. Selain itu tenda f9 ini agak panas kalau digunakan dalam waktu yang lama, jadi tenda f3 masih unggul kalau menurut saya pribadi.

Fungsi Router

Router adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penghubung antara 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data internet sehingga internet bisa disebar kembali. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian router ini silahkan anda googling saja. Hehe!

Namun, disini saya menggunakan router wifi ini bertujuan untuk menyebarkan kembali internet dari router indihome yang ada di rumah saya ke tempat yang tidak terjangkau sinyal wifi indihome nya.

Harga Tenda F3

Ketika pertama kali beli tenda f3 di tokopedia, saya mendapatkan harga 160rb an, namun sekarang harga tenda f3 ini melambung di atas 200rb an, bahkan ada yang menyentuh harga 300rb di shopee. Meskipun anda menemukan harga di bawah 200rb-an, kemungkinan routernya bukan dibuat di Indonesia.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli tenda f3 ini, anda bisa cari produknya di shopee maupun tokopedia. Cari dari seller yang sudah banyak reputasi nya, juga jangan lupa baca-baca reviewnya sebelum membeli.

Paket Pembelian

Kalau tidak salah ingat waktu pertama beli nih router wifi, di dalam box nya terdapat:

  • Unit Tenda F3
  • Adapter
  • Buku Petunjuk
  • Kartu Garansi
  • Kabel LAN

Untuk yang terbaru saya kurang begitu tahu terdapat apa saja dalam paket pembeliannya. Cuman untuk kabel lan panjang nya hanya 1 meter saja, jadi kalau anda butuh kabel lan yang panjang, apalagi untuk outdoor tentunya anda harus membelinya secara terpisah.

Fitur-fitur Tenda F3

Sebelum membahas tentang fitur yang terdapat pada router tenda f3 ini, mari sedikit bahas fisiknya terlebih dahulu.

Tenda F3 ini memiliki desain yang minimalis dengan 3 buah antena untuk memperluas daya sebar wifi nya. Selain itu pada belakang bodi nya terdapat 4 buah lubang LAN, satu diantaranya adalah WAN, dan 3 lainnya bisa anda gunakan untuk menghubungkan ke PC maupun laptop.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa anda temui di tenda f3:

Multi SSID

Jadi dengan tenda f3 ini anda bisa membuat 2 ssid sekaligus, atau lebih simple nya nama untuk wifi anda. Misalnya anda membuat ssid 1 namanya “rumah”, dan ssid 2 namanya “toko”.

Anda juga dapat menonaktifkan fitur multi ssid ini apabila dirasa tidak perlu, karena pada settingan awal nya memang tidak aktif ya. Jadi anda cukup memberikan centang untuk mengaktifkannya atau menghilangkan centang untuk menonaktifkannya.

Bandwidth Control

Ini nih yang saya suka dari router tenda ini, jadi kita tidak perlu untuk membeli mikrotik untuk membatasi penggunaan internet dari pengguna. Anda bisa mengatur kecepatan download dan upload sesuai kemauan anda.

Selain itu anda juga bisa memblokir pengguna yang dirasa mengganggu anda, atau penumpang gelap yang nembak wifi anda. Anda juga bisa melihat jumlah orang yang menggunakan wifi anda, termasuk jenis perangkat yang digunakan.

WiFi Schedule

Fitur ini berfungsi untuk mematikan dan menyalakan kembali wifi anda secara otomatis. Anda bisa mengatur jam dan juga hari kapan wifi anda akan mati dan hidup sesuai yang diinginkan.

Mode Wireless

Di router tenda f3 ini terdapat 4 mode yang bisa anda gunakan, diantaranya:

  • Disable
  • WISP
  • Universal Repeater
  • AP Mode

Pada mode Disable dan AP Mode, anda harus menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan jaringan internet dari modem indihome ke router tenda f3 anda. Mode ingin sangat baik dan stabil untuk meneruskan data internet dan menyebarkannya kembali, saya pribadi memilih mode disable.

Sedangkan untuk mode WISP dan Universal Repeater, biasanya digunakan untuk menembak langsung jaringan internet dari router tenda f3 ke jaringan pusat. Namun, mode ini saya sudah mencoba nya dan kurang stabil baik kecepatan maupun ping nya.

Parental Controls

Bagi orang tua yang ingin membatasi penggunaan maupun akses internet anak-anak nya, anda bisa menggunakan fitur ini. Jadi anda bisa memblokir website yang dikira tidak bagus untuk anak-anak, atau anda hanya mengizinkan beberapa website saja yang bisa di akses anak anda.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, pertama anda pilih dulu perangkat yang digunakan oleh anak anda, lalu anda pilih jam, hari, dan juga masukan website yang akan anda filter nantinya, lalu pilih oke.

Mac Address Filter

Fitur yang satu ini biasa digunnakan untuk melakukan blacklist maupun whitelist ke perangkat yang terhubung ke router tenda f3 anda. Jadi anda tinggal masukan saja mac address dari pengguna anda, atau bisa juga memasukan static ip dari pengguna wifi tenda anda.

Mungkin itu dulu beberapa fitur yang bisa anda temukan pada router wifi tenda f3, apabila ada fitur baru akan saya tambahkan kembali.

Kelebihan Tenda F3

  • Ukuran router minimalis
  • Jangkauan wifi yang luas
  • Sistem pendingin yang baik
  • Harga router terjangkau
  • Pengaturan mudah
  • Bisa mengatur kecepatan masing-masing pengguna
  • Kontrol orang tua

Kekurangan Tenda F3

  • Belum tersedia Bahasa Indonesia
  • Masih single band 2.4ghz
  • Tidak support vpn
  • Belum didukung oleh aplikasi Tenda

Cara mengganti password pada router tenda f3:

  • Pastikan anda terhubung ke router tenda
  • Buka browser, lalu masukan ip 192.168.2.1
  • Selanjutnya login ke dashboard tenda anda
  • Buka menu Wireless Settings
  • Disana anda bisa password wifi maupun nama wifi nya

cara ganti password wifi tenda f3

Cara mengatur kecepatan pengguna wifi (Bandwidth Control):

  • Masih di dashboard tenda f3 anda pilih menu Bandwidth Control
  • Disana anda bisa melihat daftar perangkat yang terhubung ke tenda anda
  • Anda bisa merubah kecepatan masing-masing perangkat, baik download maupun upload
  • Disana juga anda bisa memblokir perangkat yang terhubung ke wifi anda dengan cara menghilangkan centang orange, lalu klik ok.

membatasi kecepatan internet tenda f3

Cara mengganti password login tenda

Anda juga dapat dengan mudah mengganti password login ke akun tenda anda, caranya silahkan anda masuk ke menu Administration, lalu pada bagian Login Password anda bisa memasukan password baru yang anda inginkan.

cara mengganti password login tenda f3

Cara upgrade firmware pada router tenda f3

cara upgrade firmware tenda f3

  • Login ke dashboard tenda
  • Pilih Administration
  • Cari menu Device Management
  • Klik Firmware Upgrade
  • Silahkan masukan firmware baru berformat .bin yang sudah anda download
  • Tunggu beberapa saat sampai router melakukan reboot

Jangan lupa untuk melakukan backup firmware terlebih dahulu, hal ini supaya apabila terjadi error anda bisa mengembalikan ke settingan semula. Pastikan juga firmware yang anda download sesuai dengan router wifi anda.

Bagi anda yang bertanya apakah tenda f3 ini bisa dirubah ke DDWRT maupun OPENWRT? Saya sendiri belum mencoba nya, dan tidak ada niatan juga untuk mencobanya. Karena dengan fungsi yang sekarang ini saya sangat puas dengan router tenda f3 ini.

Penutup

Mungkin dicukupkan sekian review singkat dari saya selama menggunakan router tenda 2 tahun ini. Apabila ada yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, atau anda bisa mengirimkan email kepada saya.

Pin Adsense Tidak Kunjung Datang? Mungkin Ini Penyebabnya

Salah satu bisnis online yang bisa menjadi tempang anda mencari tambahan penghasilan di internet adalah dengan bermain adsense. Adsense adalah salah satu produk dari...
yanris
2 min read

2 Replies to “Review Tenda F3 Setelah 2 Tahun Pemakaian”

  1. ane jg pake tenda f3, kenapa sering bengong ya koneksinya di posisi wifi repeater
    trs waktu jd AP, via mikrotik, dalam sehari, kemudian bengong ga ada koneksi internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!